Jumat, 05 Juni 2020

Pembelajaran Daring PJJ di saat pademi corona 19


Latar Belakang Pembelajaran Daring


Adanya wabah pandemik global Covid-19 ke hampir seluruh negara di dunia, menyebabkan perubahan gaya hidup, gaya bekerja, gaya belajar dan gaya-gaya lainnya. Indonesia sebagai salah satu komunitas di dunia pun tidak terkecuali, menjadi bagian negara yang terdampak adanya wabah tersebut.

Masyarakat Indonesia yang pluralis dengam berbagai latar belakang profesi, tingkat pendidikan, tingkat kesejahteraan dan adanya faktor geografis yang luas, nampaknya harus ‘dipaksa’ mengubah berbagai kebiasaan hidupnya. Semua aktivitas harus merujuk pada upaya-upaya untuk mencegah penularan Covid-19.

Proses pendidikan, yang merupakan bagian penting dari sebuah kehidupan berbangsa, termasuk yang harus menjadi korban dari pandemi tersebut. Tata kelola yang ada saat ini, tentu saja menjadi tidak relevan dan tidak memungkinkan untuk dipertahankan.

Protokol ‘tidak tatap muka’ dan ‘tidak berkerumun’ menjadi kata kunci yang harus dipatuhi, termasuk dalam bidang pendidikan, pengajaran dan pembelajaran. Sebuah proses pembelajaran konvensional yang ditandai dengan adanya tatap muka dan berkumpul di sekolah, menjadi sulit bahkan tidak memungkinkan sama sekali. Tentu ini menyulitkan para pelaku pendidikan, utamanya guru dan peserta didik. Interaksi yang terjadi selama ini antara guru dan murid, sejatinya adalah roh pendidikan itu sendiri. Karena dalam interaksi yang bermakna itulah sejatinya telah terjadi proses pembentukan karakter, proses rasionalitas berpikir, dan proses kritis analitis.

Pembelajaran Online



0 komentar:

Posting Komentar